Skip to main content

Pakai Modem SmartFren EVDO Rev. B, Akses Internet tetap Lelet (Lemot)? Ini Solusinya!

Modem Smartfren Rev. B

Sejak 3 (tiga) bulan yang lalu saya menggunakan modem SmartFren EVDO Rev. B. Sebelum itu saya biasa memakai modem GSM dari Huawei dengan kecepatan download sampai 3,1 Mbps yang menurut  saya cukup bagus dan handal karena dapat digunakan banyak pilihan dari berbagai jenis kartu operator GSM. Karena ingin meningkatkan kecepatan yang lebih tinggi, modem GSM kesayangan itu akhirnya saya jual dan saya coba menggunakan modem CDMA dari SmartFren tersebut dengan kecepatan download sampai 14,7 Mbps. Tapi anehnya, setelah saya coba, kecepatan masih super lemot, padahal fasilitas Connex Evo sudah saya aktifkan. Bahkan, saking jengkelnya, saya beberapa kali mengkritik smartfren melalui account twitternya bahwa smartfren pembohong, iklannya mengatakan anti lelet tapi buktinya pro lelet, bahkan jaringan sering putus.

Nah, kemarin, saya iseng-iseng ingin mengecek ulang settingan modem smartfren saya, jangan-jangan ada yang salah. Tapi setelah saya cek ulang settingan sudah benar, yaitu dengan nomor akses = #777, nama pengguna = "smart", password = "smart".

Lalu di waktu itu juga, tiba-tiba terlintas di benak saya untuk iseng-iseng mencari di google tentang settingan smartfren. Secara tidak sengaja saya menemukan artikel yang berjudul "Cara mempercepat Connect Modem SmartFren" di beberapa blog.

Setelah saya baca-baca, saya berkesimpulan bahwa untuk akses internet menggunakan modem SmarFren EVDO Rev B yang masih lemot agar bisa menjadi cepat caranya dengan mengubah pada bagian pengaturan DNS.

Memang, di bagian pengaturan DNS defaultnya adalah "Dinamik". Nah, untuk mempercepat akses, pengaturan DNS diubah ke "Statik", kemudian isi bagian DNS Primer = "208.67.222.222", DNS Secondary = "208.67.220.220"

Sehingga, settingan lengkapnya menjadi seperti di bawah ini :
Nomor akses = #777, nama pengguna = "smart", password = "smart"
Pengaturan DNS = "Statik", DNS Primer = "208.67.222.222", DNS Secondary = "208.67.220.220"

Kemudian settingan tersebut kamu "save" dengan nama sesuka kamu, misalnya "SMART 1"

Dan setelah saya coba settingan di atas, kecepatan akses modem saya cukup "kencang" dibanding sebelumnya.

Kemudian, buat juga untuk settingan alternatif, seperti di bawah ini :
Nomor akses = #777, nama pengguna = "smart", password = "smart"
Pengaturan DNS = "Statik", DNS Primer = "8.8.8.8", DNS Secondary = "8.8.4.4"

Kemudian settingan tersebut kamu "save" dengan nama misalnya "SMART 2"

Untuk settingan "SMART 3", kamu bisa mencoba settingan hasil kreasi yang berbeda, siapa tahu nanti hasilnya bisa jauh lebih cepat, misalnya seperti di bawah ini :

Nomor akses = #777 atau *99# atau *31*11111#, nama pengguna = "smart", password = "smart"
Nomor akses = #777 atau *99# atau *31*11111#, nama pengguna = "cdma", password = "cdma"
Nomor akses = #777 atau *99# atau *31*11111#, nama pengguna = "wap", password = "wap"

Tips: 
Ketika kecepatan akses pada "SMART 1" mulai menurun, kamu bisa beralih ke pilihan "SMART 2" atau "SMART 3" karena mengingat kecepatan akses internet pasti selalu berubah-ubah.
Kamu juga bisa mengubah-ubah angka pada pengaturan DNS-nya. Siapa tahu hasilnya akan berbeda, bahkan jauh lebih cepat.

Saran saya hanya satu: Bagi kamu yang belum terlanjur beli modem SmartFren, untuk sementara jangan beli!

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Copyright © 2021 | PNNews | All Rights Reserved