Skip to main content

Cara Mendaftar atau Membuka Rekening Dana Investor (RDI) Saham di PT Sinarmas Sekuritas menurut Pengalaman Pribadi

Sebenarnya draf tulisan ini sudah saya rancang sekitar 3 bulan yang lalu. Tapi baru saat inilah saya telah menyempurnakannya dengan cukup lengkap. Artikel ini berjudul “Cara Mendaftar/Membuka Rekening Dana Investor (RDI) Saham di PT Sinarmas Sekuritas Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Setelah sekian lama punya rencana ingin punya saham, akhirnya niatku kesampaian juga. Sekitar awal bulan April 2013 saya mencoba registrasi/mendaftar secara online di salah satu perusahaan sekuritas yaitu di PT Sinarmas Sekuritas, dengan mengisi data-data yang diperlukan secara lengkap melalui website : www.sinarmassekuritas.co.id atau  http://www.sinarmassekuritas.co.id/simas.net/

Sebenarnya banyak sekali perusahaan sekuritas / perusahaan efek yang tercatat di Bursa Indonesia (IDX) saat ini, yang saat ini sudah berjumlah ratusan perusahaan, baik sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE), Penjamin Emisi Efek (PEE), dan atau Manajer Investasi (MI).

Pertama kali anda daftar, anda akan diberi layanan free trial trading online gratis selama 1 bulan. Disitu anda akan dikirimi user id dan password untuk layanan fre trial tersebut melalui email. Kemudian anda diminta untuk mendownload program aplikasinya dan menginstall di PC atau laptop. Nama programnya adalah “Simas.net(Perlu diketahui bahwa “Simas.net” bukanlah nama sebuah situs dan tidak ada hubungannya dengan situs: www.simas.net. Itu hanyalah nama program aplikasi trading online secara real time milik PT. Sinarmas Sekuritas. Menurut saya sih namanya agak rancu memang :), tapi itu hak dari Sinarmas dan pasti punya alasan tersendiri dalam memberikan nama programnya). 

Tujuan free trial ini yaitu untuk mempelajari terlebih dulu seperti apa cara kerja program tersebut. Tentunya program tersebut tidak diberikan secara langkap. Ada menu-menu tertentu yang tidak dapat dibuka oleh pengguna free trial. Baru bisa didapat secara lengkap ketika setelah benar-benar daftar yang sesungguhnya.

Kemudian, setelah 1 bulan dan masa free trial sudah habis, saya pun meyakinkan diri untuk melanjutkan menjadi investor yang sebenarnya. Alasan saya memilih PT Sinarmas Sekuritas ini antara lain :

1)    Tidak ada biaya bulanan sama sekali. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi investor pemula seperti saya ini. Mengingat, bila dibandingkan kebanyakan sekuritas lain mengenakan biaya sebesar antara Rp. 27.500 sampai Rp. 35.000,- tiap bulan.
2)  Berbeda dengan perusahaan-perusahaan sekuritas lain yang biasanya hanya ada di kota-kota besar, tapi PT Sinarmas Sekuritas ini sudah banyak kantor-kantor cabang yang tersebar di seluruh kota besar maupun di kota-kota sedang setingkat kotamadya atau kabupaten, sehingga akses calon nasabah dari luar kota besar pun akan jauh lebih mudah untuk menghubunginya.
3) PT Sinarmas Sekuritas sudah ada cukup lama, berdiri pada tahun 1989 dan fundamental perusahaannya cukup bagus.

Tampilan Aplikasi Trading Saham Online dari Simas.Net
Tampilan Aplikasi Trading Saham Online dari Simas.Net

Untuk melanjutkan menjadi investor yang sebenarnya, anda harus membuka Rekening Dana Invetor (RDI) dan datang langsung ke kantor cabang PT Sinarmas Sekuritas yang terdekat dengan tempat tinggal anda. Jangan lupa untuk mencetak/print seluruh petunjuk dan ketentuan yang telah dikirimkan ke email anda ketika anda daftar pertama kali. Kalau tidak salah total sekitar 85 halaman (banyak banget ya :) ). Kemudian hasil cetakan tersebut dibawa/diserahkan ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan-persyaratan seperti : KTP, fotocopy buku tabungan apa saja yang sudah anda punya (dalam hal ini saya pakai BCA), NPWP atau Surat Pernyataan tidak/belum punya NPWP jika belum punya.

Mengenai persyaratan calon nasabah diharuskan punya buku tabungan lain apa saja yang kita punya ini fungsinya adalah untuk menerima transfer dana, jika sewaktu-waktu kita melakukan penarikan dana dari Rekening Dana Investor kita. 

Walaupun di website sudah ada petunjuk, karena masih pertama kali dalam urusan ini, saya pun sering bertanya, baik melalui email maupun melalui telpon ke PT. Sinarmas Sekuritas pusat Jakarta dan yang ada di Surabaya untuk menanyakan petunjuk langkah selanjutnya apa yang saya lakukan. Yang menggembirakan, dari pihak PT. Sinarmas Sekuritas pun sangat responsive terhadap nasabah barunya. Beberapa kali saya mendapat telpon balik oleh pihak sekuritas baik dari kantor pusat Jakarta maupun dari cabang Surabaya. Bahkan yang dari kantor cabang yang ada di Kediri pun ikut menelpon dan membantu saya.  Mereka member arahan agar saya membawa berkas-berkas kelengkapannya ke Sinarmas Sekuritas cabang terdekat yaitu cabang Kediri).

Jadi, ketika setelah registrasi sampai menjelang persiapan berkas kelengkapannya, saya sudah mendapat panggilan telpon 3 kali, yaitu dari PT Sinarmas Sekuritas pusat Jakarta, cabang Surabaya, dan cabang Kediri. Saya merasa bahwa sekuritas ini perhatian banget sama calon nasabahnya.

Setelah berkas-berkas sudah dipersiapkan dan dirasa lengkap, saya pun membawa semua berkas tersebut ke PT Sinarmas Sekuritas cabang Kediri untuk diproses. Dan saya diminta untuk menunggu konfirmasi dari PT Sinarmas Sekuritas pusat melalui email sekitar 2 minggu lagi.

Kemudian setelah 2 minggu, saya coba membuka email, konfirmasi pun telah dikirimkan ke email saya. Dilihat dari tanggal pengirimannya, ternyata konfirmasi dikirimkan hanya 10 hari sejak diproses. Jadi, belum ada 2  minggu konfirmasi tersebut sudah masuk di email saya :)  

Email konfirmasi yang saya terima berisi user id dan password default (yang masih asli) yang digunakan untuk masuk/Logon ke Simas.net (program aplikasi yang sudah kita install ke laptop/personal komputer) dan diminta untuk segera mengganti user id dan password rahasia sesuai kehendak. Sejak saat itu, tampilan program trading online Simas.net, menu-menunya-pun menjadi lengkap. Ini berbeda ketika kita menggunakan free trial, menu-menunya belum lengkap). Tapi ini masih tahap I. Kita belum bisa melakukan transaksi saham melalui program tersebut walaupun sudah logon, karena Nomor Rekening Dana Investor (RDI) belum jadi.

Setelah sekitar 10 hari kemudian, saya mendapatkan pemberitahuan lagi melalui email. Inilah yang saya sebut sebagai tahap II. Email yang ke-2 ini berisi pemberitahuan bahwa Nomor Rekening Dana Investor saya sudah jadi, dengan nomor Rekening : XXX, melalui Bank CIMB Niaga atas nama saya sendiri. Bank CIMB inilah yang kemudian disebut sebagai bank kustodian dari PT. Sinarmas Sekuritas. Saat itu juga secara otomatis Nomor Rekening Dana Investor tersebut muncul/tampil di program trading Simas.net serta tampil juga No. Rekening Virtualnya. Tapi ini pun masih belum dapat digunakan untuk transaksi sampai kita menyetor dana ke Nomor RDI kita di Bank CIMB Niaga tersebut sebesar minimal Rp. 5.000.000 sesuai ketentuan. Menyetornya pun cukup mudah, karena kita bisa transfer antar bank melalui ATM.

Kemudian, tepatnya tanggal 31 Mei 2013 saya pun menyetor dana awal ke RDI saya tersebut dengan cara transfer melalui ATM dari Bank BCA ke RDI Bank CIMB Niaga atas nama saya sendiri sebesar Rp. 5.000.000,-. Dana pun langsung masuk saat itu juga dan sudah bias digunakan untuk transaksi buy/sell saham. 

Kemudian setelah 10 hari berikutnya, saya mendapat telpon dari PT Sinarmas Sekuritas cabang Kediri yang memberitahukan bahwa kartu AKSES dari KSEI untuk saya sudah jadi. Hal ini tidak saya perkirakan sebelumnya bahwa saya pun mendapatkan kartu AKSES yang diterbitkan oleh KSEI pusat secara gratis dan pembuatannya secepat itu. :)

Lantas, Apa sih Kartu AKSES itu? (bersambung, Baca Disini

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Copyright © 2021 | PNNews | All Rights Reserved