Skip to main content

Pengalaman Pertama Kali Buy (Beli) Saham secara Online di SIMAS.NET

Sungguh ini suatu hal yang baru bagi saya karena kemarin, tepatnya hari Jum'at siang, tanggal 31 Mei 2013, adalah pertama kali saya melakukan transaksi buy/beli saham secara online.
Transaksi Saham Online di SIMAS.Net

Begini ceritanya,
Sebelumnya, yaitu sekitar seminggu yang lalu, yaitu hari Jum'at, tanggal 24 Mei 2015, saya mendapat kiriman e-mail dari PT. Sinarmas Sekuritas, yang memberitahukan bahwa Rekening Dana Investor (RDI) saya sudah aktif di Bank CIMB Niaga, dengan atas nama saya sendiri tentunya. Perlu diketahui bawah Bank Kustodian PT. Sinarmas Sekuritas ini adalah Bank CIMB Niaga. Jadi, semua dana nasabah akan ditampung di bank tersebut, tapi dengan atas nama masing-masing nasabah sendiri.

Setelah menerima pemberitahuan tersebut, sesaat kemudian saya mencoba logon di program Simas.Net yang sudah saya install sebelumnya sekitar satu setengah bulan yang lalu. Perlu diketahui bahwa saya mendapatkan user id dan password sementara/default dari PT. Sinarmas Sekuritas melalui e-mail sekitar 10 hari sebelum aktifnya Rekening Dana Investor saya ini. (Tentunya, user id dan password harus diubah oleh pihak kita sendiri ketika pertama kali logon). Kemudian setelah saya cek, ternyata benar, di sub menu portofolio terlihat bahwa Nomor Account Rekening Dana Investor saya sudah tercantum di sana, yang sebelumnya nomor rekening tersebut belum ada / masih kosong ketika terakhir kali saya logon seminggu yang lalu. Selain No. Account RDI, disana juga tercantum No. Virtual Account. Sampai saat ini (ketika artikel/tulisan ini saya buat), saya masih belum tahu apa perbedaan antara No. Virtual Account dengan No. RDI tersebut. Mudah-mudahan sambil berjalannya waktu nanti akan tahu fungsinya.

Kemudian selang beberapa hari kemudian pada hari Rabu, tanggal 29 Mei 2013, saya coba menghubungi cs dan helpdesk dari PT. Sinarmas Sekuritas via telpon untuk minta petunjuk bagaimana langkah selanjutnya agar saya dapat segera melakukan transaksi / trading saham online. Karena masih pemula, walaupun sudah diterangkan via telpon, saya tetap kurang paham. Agar lebih jelas dan yakin, saya coba kirim e-mail ke cs dan helpdesk Sinarmas Sekuritas. Kemudian, besoknya, yaitu hari Kamis, saya buka e-mail, saya lihat belum ada tanggapan. Kemudian saya coba lagi untuk kirim ulang e-mail tersebut. Selang beberapa menit kemudian saya ditelpon langsung oleh cs-nya PT. Sinarmas Sekuritas dan menjelaskan kepada saya tentang proses setor dana pertama kalinya ke Simas.Net.

Pada keesokan harinya, yaitu hari Jum'at pagi, saya coba transfer dana melalui ATM dari Bank BCA ke Bank CIMB Niaga atas nama saya sendiri, di Nomor Rekening Dana Investor saya tersebut sebesar jumlah minimum yang telah ditentukan dalam persyaratan, yaitu sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah), kena biaya transfer antar bank sebesar Rp. 5.000. Setelah itu, saya coba logon di program virtual Simas.Net, dan saya cek di portofolio, ternyata saya lihat dana sudah masuk secara otomatis saat itu juga, tanpa harus konfirmasi terlebih dahulu :). Mungkin, ini merupakan salah satu kelebihan dari adanya RDI, bila dibandingkan dulu.

Perlu diketahui, bahwa Simas.Net adalah fasilitas online equity trading yang disediakan oleh Sinarmas Sekuritas untuk melakukan perdagangan saham melalui internet. Dengan fasilitas ini nasabah bisa langsung melakukan trading saham tanpa melalui sales/broker, memantau langsung perkembangan harga saham actual dan perkembangan informasi terkini mengenai transaksi saham. Nasabah yang bisa menjalankan fasilitas ini harus memiliki jaringan internet dan menginstall program Simas.Net pada komputernya.

Perlu diketahui juga bahwa yang dimaksudkan Simas.Net disini bukanlah website www.simas.net dan tidak ada hubungannya sama sekali. Tapi yang dimaksud Simas.Net tersebut adalah nama program trading saham milik PT. Sinarmas Sekuritas.

Jika ingin mendownload program aplikasi trading Simas.Net, caranya buka websitenya: http://www.sinarmassekuritas.co.id , kemudian pilih menu "Online Trading", kemudian pilih "Simas.Net". Nanti akan muncul tampilan Simas.Net di link new tab. Dari situ kamu pilih menu "Download", kemudian pilih "Source Download", kemudian pilih "Simas.Net untuk Windows". Setelah download selesai, kemudian diinstall.

Ketika sebelum melakukan trading saham online pertama kali, saya persiapkan terlebih dahulu secarik kertas yang berisi nama-nama saham yang akan saya beli, yang mana saham-saham yang akan saya beli tersebut sudah saya rencanakan jauh-jauh hari.

Yang namanya pemula, walaupun sudah mempelajari bagaimana cara mengoperasikan online trading di Simasnet selama sebulan, ketika pertama kali melakukan transaksi beli saham rasanya was-was juga. Tapi dengan mengucapkan bismilahhirohmannirrohim saya pun berhasil melakukan transaksi tersebut.

Saham yang pertama kali saya beli adalah saham dengan kode ANJT di harga Rp. 1.370 sebanyak 1 lot (500 lembar) sehingga total harga Rp. 685.000. Kemudian disusul saham ISSP di harga Rp. 235 sebanyak 1 lot dengan total harga Rp. 115.000. Tidak perlu banyak-banyak, maklum masih pertama kali :). Yang penting, bahwa saya memilih saham-saham tersebut bukan tanpa alasan, karena saham-saham itu sudah saya rencanakan dan pertimbangkan sebelumnya, tentunya masih ada juga beberapa saham lain yang belum saya realisasikan. Kebetulan juga waktu itu, saya lihat di yahoo finance bahwa Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) selama dua hari terakhir telah berada di titik terendah dan mulai rebound. Mudah-mudahan ini awal yang bagus buat saya dalam berinvestasi saham. :)

Jika ada kesempatan di lain waktu, saya akan coba menuliskan artikel tentang Cara Mendaftar/Buka Rekening Saham di PT. Sinarmas Sekuritas berdasarkan Pengalaman Pribadi. 

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

  • Copyright © 2021 | PNNews | All Rights Reserved